Profil

 

BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK (BAA)

Biro Administrasi Akademik merupakan unsur pelaksana yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan tata cara penyelenggaraan proses kegiatan belajar mengajar dan proses administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa/i di lingkungan Universitas Nasional. Dalam menjalankan  tugasnya, BAA dipimpin oleh seorang Kepala dan dibantu oleh Staf yang berada dibawah naungan Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni.

Tugas dari BAA adalah untuk mengkoordinir segala bentuk pelaksanaan kegiatan akademik mahasiswa mulai dari pertama kali tercatat sebagai mahasiswa sampai dengan mahasiswa tersebut lulus kuliah. Adapun beberapa dari deskripsi fungsi yang dilakukan oleh BAA adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan segala kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan administrasi akademik dan kemahasiswaaan seperti halnya mulai dari tahap pendaftaran mahasiswa baru, setting pengisian KRS dan pengesahan KHS mahasiswa/i. Adapun proses kegiatan tersebut adalah ditinjau dari tahap perencanaan, pengawasan kegiatan, pengendalian pelakasanaan kegiatan sampai kepada tahap evaluasi kegiatan.
  2. Dalam melaksanakan tugas pada point A maka kepala BAA bertugas untuk Memimpin, mengendalikan dan menyelenggarakan kegiatan administrasi akademik dan kemahasiswaan agar terkoordinir dengan baik.
  3. Kepala BAA beserta Staff nya bekerja bersama dalam rangka melaksanakan dan mengendalikan kegiatan kearsipan mahasiswa untuk berbagai urusan yang berkaitan dengan administrasi akademik.
  4. Melakukan pembinaan teknis kepada seluruh jajaran kerjanya termasuk kepada seluruh para staf pengajar mengenai penyelenggaraan kegiatan administrasi akademik agar seluruh kegiatan administrasi dapat terorganisir dengan baik.
  5. Wajib memberikan laporan kepada Wakil Rektor Bidang Akademik, Mahasiswa dan Alumni mengenai berbagai kegiatan administrasi akademik dan kemahasiswaan.

TUGAS POKOK  DAN FUNGSI

Biro Administrasi Akademik (BAA) mempunyai tugas pokok melaksanakan kegiatan berdasarkan Renstra dan Renop pengembangan yang telah ditetapkan antara lain:

  1. Menyusun sistem kegiatan pelayanan administrasi akademik dan ketatausahaan serta administrasi mahasiswa (aturan, mekanisme, SOP) secara terpadu di tingkat Universitas;
  2. Melakukan kerjasama dengan pihak internal dan eksternal yaitu LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) Wilayah III, yang terkait dengan administrasi akademik;
  3. Melaksanakan serta melayani kegiatan yang berkaitan dengan heregistrasi mahasiswa;
  4. Mengkoordinir pelaksanaan pendaftaran mata kuliah di tingkat universitas;
  5. Mengkoordinir pembuatan ijazah, transkrip akademik mahasiswa dan SKPI, melakukan pengarsipan dokumen berupa fotocopy nilai (transkrip alumni beserta ijazahnya) dan memberikan ijazah dan transkrip asli kepada alumni yang bersangkutan;
  6. Melakukan pencatatan dan mengarsip semua dokumen yang terkait dengan akademik, seperti buku laporan registrasi, buku laporan wisuda dan semua Kartu ;
  7. Hasil Studi (KHS) dari berbagai fakultas/Prodi tiap tiap semester;
  8. Menerima dan mendokumenkan serta mengarsipkan nilai matakuliah dosen pengampu mata kuliah dari semua fakultas/Prodi;
  9. Mengkoordinir dan melaksanakan kegiatan teknis wisuda mahasiswa dari persiapan sampai selesai kegiatan;
  10. Melaksanakan kegiatan pengenalan lingkungan dan budaya akademik bagi mahasiswa baru;
  11. Melaksanakan pengetikan surat- surat keterangan antara lain: keterangan masih aktif studi, pemrosesan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM);
  12. Memberikan informasi data akademik ke unit yang memerlukan;
  13. Mengkoordinir pembuatan kalender akademik Universitas Nasional;
  14. Melaksanakan tingkat layanan yang dapat memuaskan stakeholders;
  15. Melaksanakan evaluasi dan monitoring administrasi akademik sesuai dengan standar yang ditetapkan;
  16. Melaksanakan pelaporan PDDikti untuk semua Prodi di Universitas Nasional;
  17. Mewujudkan tingkat pelayanan yang dapat memuaskan stakeholders.

Adapun beberapa bentuk layanan yang diberikan oleh Biro Administrasi Akademik kepada mahasiswa yaitu sebagai berikut:

  1. Layanan Online : BAA memberikan layanan informasi dengan cepat secara online kepada mahasiswa melalui telepon dan media sosial.
  2. Layanan Offline : Mahasiswa dapat secara langsung datang ke kantor BAA untuk meminta berbagai informasi yang diperlukan.
  3. Info Update   : Memberikan informasi terupdate seputar perkuliahan seperti halnya jadwal penerimaan mahasiswa baru, jadwal perkuliahan, pelaksanaan   ujian semester dan libur perkuliahan melalui surat edaran dari pimpinan terkait.
  • MOTTO:  Ramah, Santun, Siap Membantu.

Jam Layanan BAA
Senin – Jumat   : 09:00 WIB – 17:00 WIB
Sabtu                : 09:00 WIB – 13:00 WIB

====================================================================================

11 komentar untuk “Profil”

    1. Untuk menanyakan perihal informasi yang sekiranya ada di Biro Administrasi Akademik, saudara dapat menghubungi nomor telepon UNAS dan meminta kepada operator untuk disambungkan ke BAA. Terima kasih.

  1. Mau tanya apakah sekarang di unas prodi Administrasi negara sudah tidak ada?
    Bagaimana dengan alumni Unas yg membutuhkan data tsb untuk kepentingan verval data didapodik

    1. Jika saudara membutuhkan data tersebut, saudara dapat menelusuri melalui situs forlap dikti dengan memasukkan nama prodi dan NIM lama.
      Semoga membantu.

    1. Syarat utamanya adalah saudara tidak sedang mengambil cuti dan berstatus mahasiswa aktif perkuliahan. Silahkan datang ke Biro Administrasi Akademik untuk mengajukan pembuatan surat keterangan mahasiswa. Semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *