Universitas Nasional News

Profil

Dicuplik dari : SK. Rektor No. 167  Tahun 2011

tentang

 

SISTEM ORGANISASI DAN TATA LAKSANA UNIVERSITAS NASIONAL

 

BAB IV

UNSUR PELAKSANA ADMINISTRASI

Pasal 8

Biro Administrasi Akademik

  1. Biro Administrasi Akademik (BAA) adalah unsur pelaksana administrasi yang berfungsi membantu tugas pokok Wakil  Rektor Bidang Akademik dalam memberikan layanan di bidang administrasi akademik.
  2. Organisasi Biro Administrasi Akademik terdiri atas:
    1. Bagian Registrasi dan Perkuliahan;
    2. Bagian Nilai dan Ijazah;
    3. Bagian Pengolahan Data Mahasiswa;
    4. Bagian Sentra Pelayanan Akademik;
    5. Jika dipandang perlu, masing-masing bagian dapat membawahi Sub-bagian.
  3. Biro Administrasi Akademik dipimpin seorang Kepala Biro yang diangkat dan diberhentikan oleh Rektor atas usul Wakil Rektor Bidang Akademik.
  4. Jika dipandang perlu Kepala Biro Administrasi Akademik dapat dibantu oleh seorang Wakil Kepala Biro Administrasi Akademik.
  5. Kepala Biro Administrasi Akademik dalam melaksanakan fungsinya mempunyai tugas pokok:
    1. Melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi dan Sistem Manajemen Mutu di lingkungan Biro Administrasi Akademik;
    2. Merencanakan, mengatur dan mengkoordinasikan pelayanan administrasi registrasi dan  sistem perkuliahan;
    3. Mengatur dan  mengkoordinasikan sistem dokumentasi dan rekaman data nilai, ijazah, serta data mahasiswa;
    4. Mempersiapkan, mengatur dan melaksanakan administrasi penerimaan mahasiswa baru dan wisuda sarjana secara berkala;
    5. Mempersiapkan dan menyusun pelaporan administrasi Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED)/Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) secara berkala;
    6. Memberikan dukungan data administrasi akademik untuk ijin operasional, akreditasi program studi, dan akreditasi institusi;
    7. Mempersiapkan dan menyusun kalender akademik secara berkala;
    8. Melaksanakan upload content kegiatan dilingkungan biro administrasi akademik dalam website universitas secara berkala;
    9. Membina, mengawasi, mengevaluasi dan mengarahkan pegawai di lingkungan kerjanya sesuai tugas pokok dan fungsinya;
    10. Melaksanakan tugas-tugas lain atas perintah atasannya.
  6. Kepala Biro Administrasi Akademik dalam melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya bertanggungjawab kepada Rektor melalui Wakil Rektor Bidang Akademik.

Pasal 9

Bagian Registrasi dan Perkuliahan

  1. Bagian Registrasi dan Perkuliahan adalah bagian yang berfungsi membantu tugas pokok Kepala Biro Administrasi Akademik di bidang pelayanan administrasi pendaftaran dan sistem perkuliahan.
  2. Bagian Registrasi dan Perkuliahan dipimpin seorang Kepala Bagian yang diangkat dan diberhentikan oleh Rektor atas usul Kepala Biro Administrasi Akademik dengan meminta pertimbangan dari Wakil  Rektor Bidang Akademik.
  3. Kepala Bagian Registrasi dan Perkuliahan dalam melaksanakan fungsinya mempunyai tugas pokok:
    1. Melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi dan Sistem Manajemen Mutu administrasi registrasi dan sistem perkuliahan;
    2. Menghimpun dan memperbarui data mahasiswa aktif, cuti akademik, non-aktif dan droup-out;
    3. Menghimpun dan menyusun laporan data mahasiswa secara berkala;
    4. Mengurus dan melaksanakan layanan administrasi bagi mahasiswa baru, pindahan dan  ijin belajar  mahasiswa warga negara  asing;
    5. Menyiapkan dan melaksanakan layanan administrasi pendaftaran dan sistem perkuliahan;
    6. Menyiapkan data untuk penyusunan kalender akademik;
    7. Melaksanakan tugas-tugas lain atas perintah atasannya.
  4. Kepala Bagian Registrasi dan Perkuliahan dalam melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya bertanggungjawab kepada Kepala Biro Administrasi Akademik.

Pasal 10

Bagian Nilai dan Ijazah

  1. Bagian Nilai dan Ijazah adalah bagian yang berfungsi membantu tugas pokok Kepala Biro Administrasi Akademik di bidang administrasi data nilai dan ijazah.
  2. Bagian Nilai dan Ijazah dipimpin seorang Kepala Bagian yang diangkat dan diberhentikan oleh Rektor atas usul Kepala Biro Administrasi Akademik dengan meminta pertimbangan dari Wakil Rektor Bidang Akademik.
  3. Kepala Bagian Nilai dan Ijazah dalam melaksanakan fungsinya mempunyai tugas pokok:
    1. Melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi dan  Sistem Manajemen Mutu dalam menghimpun, mendokumentasikan dan merekam seluruh data nilai dan ijazah mahasiswa;
    2. Menjaga keabsahan, keakuratan dan kerahasiaan seluruh data nilai dan ijazah mahasiswa;
    3. Melaksanakan  layanan transkrip akademik, surat keterangan pengganti ijazah dan surat keterangan ralat ijazah mahasiswa;
    4. Mempersiapkan dan mengkoordinasikan pencetakan ijazah dan mendistribusikan ijazah  kepada mahasiswa sesuai ketentuan yang berlaku;
    5. Mempersiapkan data EPSBED/PDPT secara berkala;
    6. Melaksanakan tugas-tugas lain atas perintah atasannya.
  4. Kepala Bagian Nilai dan Ijazah dalam melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya bertanggungjawab kepada Kepala Biro Administrasi Akademik.

Pasal 11

Bagian Pengolahan Data Mahasiswa

  1. Bagian Pengolahan Data Mahasiswa adalah bagian yang berfungsi membantu tugas pokok Kepala Biro Administrasi Akademik di bidang pengolahan data mahasiswa.
  2. Bagian Pengolahan Data Mahasiswa dipimpin seorang Kepala Bagian yang diangkat dan diberhentikan oleh Rektor atas usul Kepala Biro Administrasi Akademik dengan meminta pertimbangan dari Wakil Rektor Bidang Akademik.
  3. Kepala Bagian Pengolahan Data Mahasiswa dalam melaksanakan fungsinya mempunyai tugas pokok:
    1. Melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi dan Sistem Manajemen Mutu di bidang pengolahan data mahasiswa;
    2. Menghimpun, mengolah dan mencetak data identitas mahasiswa maupun data nilai mahasiswa;
    3. Menghimpun, mengolah dan mencetak data mahasiswa baru, mahasiswa pindahan maupun mahasiswa warga negara asing;
    4. Menghimpun, mengolah dan mencetak data transkrip akademik dan ijazah mahasiswa;
    5. Melaksanakan tugas-tugas lain atas perintah atasannya.
  4. Kepala Bagian Pengolahan Data Mahasiswa dalam melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya bertanggungjawab kepada Kepala Biro Administrasi Akademik.

Pasal 12

Bagian Sentra Pelayanan Akademik

  1. Bagian Sentra Pelayanan Akademik (SPA) adalah bagian yang berfungsi membantu tugas pokok Kepala Biro Administrasi Akademik di bidang layanan administrasi akademik mahasiswa dan dosen secara terpusat dan terpadu.
  2. Bagian Sentra Pelayanan Akademik dipimpin seorang Kepala Bagian yang diangkat dan diberhentikan oleh Rektor atas usul Kepala Biro Administrasi Akademik dengan meminta pertimbangan dari Wakil Rektor Bidang Akademik.
  3. Jika dipandang perlu, Kepala Bagian Sentra Pelayanan Akademik dapat dibantu oleh Sub-Sub Bagian.
  4. Kepala Bagian Sentra Pelayanan Akademik dalam melaksanakan fungsinya mempunyai tugas pokok:
    1. Melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi dan Sistem Manajemen Mutu di bidang layanan administrasi akademik mahasiswa secara terpusat dan terpadu;
    2. Mengatur, mengkoordinasikan dan melaksanakan pelayanan sistem perkuliahan secara terpadu;
    3. Mengatur dan mengkoordinasikan pelaksanaan perkuliahan Mata Kuliah Umum (MKU) yang ditetapkan universitas;
    4. Mengawasi dan melaporkan pelaksanaan sistem perkuliahan terpadu;
    5. Melaksanakan tugas-tugas lain atas perintah atasannya.
  5. Kepala Bagian Sentra Pelayanan Akademik dalam melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya bertanggungjawab kepada Kepala Biro Administrasi Akademik.

 

 

 

One comment on “Profil

  1. Pengertian Evaluasi says:

    Artikelnya sangat membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *