Universitas Nasional News

Dua Mahasiswa UNAS Terima Beasiswa Bank Shinhan Indonesia

Jakarta (UNAS) – Dua mahasiswa Universitas Nasional menerima beasiswa PT. Bank Shinhan Indonesia untuk tahun ajaran semester ganjil 2020/2021. Mereka adalah Budi Julian mahasiswa program studi sistem informasi dan Rizky Fardazilah Oktaviani mahasiswa program studi ilmu hukum. Beasiswa ini diberikan kepada mereka yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik.

“Pemberian beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi baik secara akademik maupun non akademik dan hanya dialokasikan ke beberapa program studi saja,” ujar Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Kamaruddin Salim, S.Sos.,M.Si. saat dihubungi via Whatsapp pada Kamis, (4/3).

Ia menambahkan bahwa biro administrasi kemahasiswaan membantu mengurus administrasi dan memberikan informasi kepada program studi untuk mengirimkan mahasiswa sesuai kriteria dan syarat yang telah ditentukan oleh PT. Bank Shinhan Indonesia.

Beasiswa ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Bank Shinhan Indonesia. Pemberian beasiswa dilakukan dengan bekerja sama dengan beberapa Universitas di Indonesia salah satunya yaitu dengan Universitas Nasional. Program Beasiswa ini juga merupakan bentuk kerja sama antara Universitas Nasional dan PT. Bank Shinhan Indonesia yang telah dilakukan pada tahun 2020. Program ini bertujuan dalam mendukung perkembangan pendidikan bagi para generasi muda yang berpotensial untuk memasuki perguruan tinggi dan menjadi calon masa depan di Indonesia.

Kamaruddin pun berharap melalui kerja sama ini, ke depan PT. Bank Shinhan Indonesia dapat kembali memberikan beasiswa para mahasiswa. “Untuk tahun berikutnya, kita berharap PT. Bank Shinhan Indonesia dapat kembali memberikan beasiswa kepada mahasiswa UNAS dan dapat ditambah kuota beasiswanya,” ucapnya.
Perencanaan program beasiswa ini berlangsung sejak Agustus 2020 antara pihak PT. Bank Shinhan Indonesia dengan Universitas Nasional. Proses seleksi dilakukan mulai 15 September 2020. Sementara, pendaftaran dan pengumpulan berkas di buka sejak 17 September 2020 sampai dengan 25 September 2020.

Adapun pendaftaran beasiswa dibuka untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Hukum dan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika. Sedangkan untuk syarat mendapatkan beasiswa dari PT. Bank Shinhan Indonesia yaitu mahasiswa aktif, minimal sedang studi semester 6 dan maksimal semester 8.

Proses pemberkasan berlangsung selama satu bulan dan berhasil menetapkan dua mahasiswa sebagai penerima beasiswa yaitu Budi Julian dengan IPK 3.89 dan Rizky Fardazilah Oktaviani dengan IPK 3.69. Adapun pemberian beasiswa ini dilakukan pada Selasa, 2 Maret 2021.
Penerima beasiswa Budi Julian mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas pemberian beasiswa dari PT. Bank Shinhan Indonesia. “Tentu saja bersyukur dan merasa terbantu. Karena ditetapkannya sebagai salah satu penerima beasiswa dari Bank Shinhan. Sehingga saya dapat meringankan biaya kuliah di masa pandemi yang sulit ini, Beasiswa ini sangat membantu untuk saya,” tutur pria kelahiran Padang 24 Juli 1996 itu.

Sementara itu, penerima beasiswa lainnya Rizky Fardazilah Oktaviani mengatakan bahwa ia tidak menyangka bisa mendapatkan beasiswa dari PT. Bank Shinhan Indonesia. Menurutnya, banyak mahasiswa lain yang juga mengajukan beasiswa tersebut. “Awalnya gak menyangka bisa lolos, karena dari awal banyak teman-teman yang mendaftarkan diri untuk ikut beasiswa ini. Tapi saya fikir gak ada salahnya buat dicoba dan ternyata alhamdulillah saya mendapat beasiswa tersebut,” ungkapnya.

Perempuan yang akrab disapa Lala itu berharap UNAS dan PT. Bank Shinhan Indonesia dapat terus bekerja sama kedepannya sampai ke tahun-tahun berikutnya. Agar membantu mahasiswa yang kurang mampu dalam membiayai pendidikan nya. “Juga semoga kedepannya UNAS menyelenggarakan banyak beasiswa-beasiswa lain yang dapat diikuti mahasiswa mahasiswi,” katanya. (*DMS/MPR)

Comments are closed.